Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Kegiatan ‘Tiga Tahap’ di SMAN 2 Sambi Rampas

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan yang dijalankan oleh  dosen  dan  mahasiswa  sebagai  bentuk  pelaksanaan  Tri  Dharma  Perguruan Tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk mempraktikan apa yang telah diberikan dan diterima selama proses perkuliahan di kampus. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk mengalami dan memberikan  solusi  terhadap  setiap  permasalahan  yang  timbul  di  tengah  masyarakat, khususnya bagi para siswa yang masih duduk di bangku sekolah. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat, baik dalam bidang pendidikan, maupun kebudayaan.

Salah satu subjek kegiatan PKM tahun 2022 dari Prodi PBSI adalah siswa SMAN 2 Sambi Rampas Manggarai Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah  untuk  meningkatkan  keterampilan berbahasa yang berdampak pada kecintaan pada bahasa Indonesia.

Kegiatan  PKM ini  dilaksanakan pada  Sabtu, 21 Mei 2022. Adapun salah satu kegiatan yang dilakukan adalah peningkatan keterampilan berbicara, yang dimentori  oleh Stanislaus Hermaditoyo,M.Pd. Ia menjelaskan bahwa hal yang ia lakukan dalam kegiatan PKM ini kegiatan tiga tahap, yaitu pertama memberi motivasi dan teori dasar dalam berbicara,  kedua, mempraktikan keterampilan  berbicara di depan kelas, ketiga, mengevaluasi hasil praktik siswa.

Salah satu guru Bahasa Indonesia mengatakan, dia sangat bersyukur karana para  Dosen Bahasa dan sastra Indonesia di SMAN 2 Sambi Rampas bersedia membagi pengetahuan secara langsung pada siswa-siswi. Kepala SMAN 2 Sambi Rampas Lukman, S.Pd dalam sambutanya mengatakan kegitan ini baru pertama kali dilakukan di SMAN 2 Sambi Rampas, sehingga ia sangat berterima kasih. (SH)