Meliput di Kampung Dongeng

Dua orang duta Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI), Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus (Unika St.Paulus Ruteng) Minggu, 4 September 2022 melakukan kegiatan peliputan di Kampung Dongeng Daerah Tangerang.

Clara Astuty Jaya (Tuty) dan Andriani Miming (Any) menjalankan aktivitas jusnalistik setelah keduanyanya menjadi bagian dari keluarga besar Media Indonesia dalam status mereka sebagai mahasiswa yang tengah melaksankan magang jurnalitik selama tiga bulan.

Magang Jurnalistik pada berbagai media merupakan bagian dari tuntutan kurikulum program studi yang merumuskan profil lulusannya menjadikan tamatannya sebagai wirausahan di bidang media (jurnalis). Selain itu, program magang ini bergayut dengan program merdeka belajar kampus merdeka.

Tuty dan Any melalui pesan Whatsapp yang diterima Ketua program studi menyampaiakan bahwa kegiatan liputan Minggu 4 September menyasar Kampung Dongeng berlokasi di kawasan Tangerang.

Kedua awak media ini untuk pertama kalinya menjumpai Kak Awam, Founder Kampung Dongeng Indonesia. Sebuah komunitas yang didirikan tahun 2009 dan kini telah menyebar ke 27 Provinsi di Indonesia dan melibatkan lebih dari 1.500 relawan.

Kampung Dongeng Indonesia adalah komunitas sosial yang secara terus-menerus akan melaksanakan gerakan mendongeng demi terwujudnya anak-anak Indonesia yang ceria, cerdas, dan berkarakter baik.

Tuty dan Any melaporkan bahwa dalam kunjungan dan peliputan hari ini (Minggu, 4/9), keduanya bertemu Kak Awam dan beberapa relawan Kampung Dongeng yang sedang asyik mendongeng dengan anak-anak di Kecamatan Ciputat kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini dinamakan “Pekan Ceria” yang dilaksanakan setiap akhir pekan.

Kedatangan dua duta media ini disambut gembira oleh Kak Awam dan keluarga besar Kampung Dongeng yang ada di Tangerang. Dalam perjumpaan peliputan itu Kak Awam juga berharap, ke depannya bisa mendirikan komunitas Kampung Dongeng di daratan Flores.

Tuty dan Any merasa sangat beruntung karena selain melakukan kegiatan peliputan berkaitan dengan aneka aktivitas dan geliat komunitas Kapung Dongeng keduanya juga dapat belajar bagaimana keterampilan mendongeng itu dibiasakan dalam rangka pembentukan nilai dan akrakter pada diri anak. (enob)