Dua Dosen PBSI tergabung dalam Tim Pemenang Hibah Riset Keilmuan

Dua Dosen PBSI, yaitu Marcelus Ungkang dan Yuliana Jetia Moon bersama tiga dosen lainnya, yaitu Yohanes Servatius Lon, Fransiska Widyawati, dan Petrus Partus Jaya memenangkan Hibah Riset Keilmuan .  Penetapan pemenang diumumkan 25 Oktober 2021 melalui surat Nomor: 4025/E4/AK.04/2021 yang ditandatangani oleh Direktur Sumber Daya Kemdikbud-Ristek.

Beberapa luaran yang dituntut dari hibah ini adalah publikasi jurnal nasional dan internasional, HAKI, modul, video publikasi, dan Buku Digital Interaktif (BDI).

Pengerjaan Buku Digital Interaktif (BDI) baru saja selesai dilakukan. Fransiska Widyawati  sebagai ketua tim mengatakan bahwa Buku Digital Interaktif (BDI) ini berbasis riset yang dilakukan Tim Dosen Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.

Lebih lanjut Fransiska menjelaskan bahwa buku ini mengulas tentang Gendang One, Lingko Pe’ang sebagai  ruang hidup orang Manggarai yang mencerminkan kedalaman nilai-nilai warisan leluhur. Ruang ini secara umum mencakup lima bagian, yaitu Kampung (Beo Bate Elor /Natas Bate Labar), Rumah Adat (Mbaru bate Kaeng, Mbaru Gendang), Altar Persembahan/Sesajian (Compang Bate Takung), Kebun (Uma Bate Duat/Lingko), dan Sumber Air (Wae Bate Teku).

Buku ini dapat dipakai sebagai rujukan atau referensi untuk mengenal salah satu aspek budaya Manggarai dalam kemasan digital adaptif, inovatif, dan interaktif. Karya ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan, seperti pelajar, praktisi, pelaku pariwisata, maupun masyarakat umum.

Proses penerbitan buku ini tidak lepas dari dukungan Kemendikbud Ristek, LPDP, Yayasan Santu Paulus Ruteng, Jajaran Pimpinan Unika Santu Paulus Ruteng; Mitra (Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai, Komisi Budaya dan Pariwisata Keuskupan Ruteng), Para Responden, Narasumber, Tim Pendukung Lapangan, dan Mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng. (OM)