Lokakarya Jurnalistik: Meningkatkan Profil Minor Prodi PBSI

Kamis, 8 September 2022, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Unika Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan Lokakarya Jurnalistik yang melibatkan para 400-an mahasiswa angkatan tahun 2021, 2020, dan 2019. Lokakarya bertajuk “Menjadi Jurnalis Pemula yang Profesional, Kreatif, dan Inovatif di Era Digital menghadirkan secara Daring nara sumber Yayan Sopyan, seorang praktisi media.

Prodi PBSI Unika Santu Paulus Ruteng memiliki dua profil lulusan, yaitu profil mayor sebagai  pengajar dan peneliti pemula dan profil minor sebagai wirausahawan bahasa. Adapun salah satu wirausahan bahasa yang dimaksud adalah menjadi seorang jurnalis. Kegiatan lokakarya hari ini, sebagai merupakan  wujud peningkatan  profil minor tersebut.

Lokakarya diawali dengan sambutan Ketua Program Studi PBSI, Bonefasius Rampung, S.Fil.,M.Pd. dalam sambutan pembukaan Keprodi menguraikan makna kata utama yang dijadikan Tema Lokakarya yang dipertalikan dengan era Digital. Kegiatan akademik ini secara resmi dibuka Dekan FKIP yang diwakili Sekretaris Dekan, Marianus Supar Jelahut, M.Pd.

Lokakarya ini akan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 8-9 September 2022.  Lokakarya hari pertama ini membedah aneka persoalan berkaitan dengan struktur dan manajemen keredaksian sebuah media. Sedangkan pada hari kedua, para mahasiswa akan berlatih menghasilkan  produk-produk jurnalistik. Adapun kegiatan ini adalah  rangkaian kegiatan prodi PBSI yang memenangkan Hibah Program Kompetisi Kampur Merdeka. (OM)